BAB I
PENDAHULUANA. UMUM
Laporan hasil pelaksanaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan 2013/2014 Sekolah Tinggi Pendidikan Islam BIM Yogyakarta ini merupakan salah satu wujud dari rasa tanggung jawab panitia yang harus disampaikan.
B. TUJUAN Tujuan dari penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan ini, adalah :
B.1. Sebagai pertanggungjawaban secara tertulis dari panitia,
B.2. Sebagai arsip serta bukti terlaksananya administrasi organisasi,
B.3. Sebagai bukti terlaksananya sistem kerjasama dan hubungan kolerasi antar pengurus dan antar seksi,
B.4. Sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan.
C. DASAR PENYUSUNAN Pembuatan laporan ini didasarkan pada pelaksanaan teknis serta pelaksanaan program kerja yang disusun oleh pengurus panitia.
D. RUANG LINGKUP
Laporan ini mencakup
D.1. Halaman Pendahuluan
D.2. Kata Pengantar
D.3. Daftar Isi
D.4. Pendahuluan
D.4.1. Umum
D.4.2. Tujuan
D.4.3. Dasar Penyusunan
D.4.4. Ruang Lingkup
D.5. Rencana Pelaksanaan Kegiatan
D.5.1. Latar Belakang
D.5.2. Tema Kegiatan
D.5.3. Tujuan Kegiatan
D.5.4. Dasar Kegiatan
D.5.5. Pelaksanaan Kegiatan
D.5.6. Sumber Pembiayaan Kegiatan
D.5.7. Susunan Panitia
D.5.8. Rencana Anggaran
D.6. Laporan Kegiatan
D.6.1. Laporan Umum
D.6.2. Laporan Seksi Sekretaris
D.6.3. Laporan Seksi Acara
D.6.4. Laporan Seksi Bendahara
D.6.5. Laporan Seksi Perlengkapan
D.6.6. Laporan Seksi Dekorasi dan Dokumentasi
D.6.7. Laporan Seksi P3K
D.6.8. Laporan Seksi Konsumsi
D.6.9. Laporan Seksi Korlap
D.7. Penutup
D.8. Lampiran
BAB II
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Latar Belakang
Dalam rangka memberikan pengetahuan dasar mengenai sejarah berdirinya, program pendidikan yang ada, dosen-dosen yang mengajar, karyawan yang bertugas serta semua yang ada mengenai Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta kepada mahasiswa baru, kami selaku SENAT mahasiswa bermaksud menyelenggarakan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan.
Melalui kegiatan ini diharapakan mahasiswa baru siap untuk mengembangkan potensi mereka sesuai dengan prodi yang mereka ambil di STPI , selain itu juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi baik antar mahasiswa, karyawan, serta dosen.
B. Tema Kegiatan
“Keep Spirit and Make Your Life be Creative”
C. Tujuan Kegiatan
1. Menyambut mahasiswa baru,
2. Membentuk anggota keluarga baru STPI BIM Yogyakarta yang beriman dan bertaqwa,
3. Melatih kedisiplinan serta menumbuhkan jiwa serta semangat yang baru sesuai dengan Visi dan Misi yang ada,
4. Melahirkan generasi pendidik yang mempunyai karakter islami, kratif, militan, serta profesional.
D. Dasar Kegiatan
1. Berdasarkan program kerja STPI BIM Yogyakarta,
2. Rapat SENAT STPI BIM Yogyakarta.
E. Pelaksanaan Kegiatan
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1. Hari / Tanggal : Sabtu – Sabtu / 7 September 2013 – 14 September 2013
2. Jam : 13.30 – selesai
3. Tempat : Kampus STPI BIM Yogyakarta, Jl. Jembatan Merah no.116K.,Prayan Kulon, Condongcatur, Depok Sleman, Yogyakarta. (0274)7429190.
F. Sumber Pembiyaan Kegiatan
1. Lembaga STPI BIM Yogyakarta
2. Pengumpulan koin peserta OPAK
G. Susunan Panitia Kegiatan
Panitia Pengarah
Penanggung Jawab : Umi Faizah, S.Ag., M.Pd.
Penasehat : Ihda A’Yunil Khotimah, S.Ag., M.Pd.
Panitia Pelaksana
Ketua : Rudi Hartono
Sekretaris : Fitri Nurjannah
Bendahara : Khaiyimatul afifah
Sie Acara : Nurjanah
Ernawati
Laila Uduni
Sie Perlengkapan : Roma Bin Taufik
Anas Rangga Buana H
Ninik Rahmawati
Zuhrotul Laily
Nurul Aini Janatun
Sie Konsumsi : Isna Ani Rahmawati
Dwi Triyaningsih
Nur Imam Mahdi
Maryatul Qiftiyah
Sie Dekdok : Jalu Irawan
Dewi Ratna Sari
Ervika Prastyani Hapsari
Sie P3K : Novi NurMetasari
Sie Korlap : Lita Lidiana
Nur An Naafi M.
Rosmita Diah Permatasari
Uswatun Khasanah
Zidni Ilma Nafia MS
Nia Kurniasari
H. Rencana Anggaran
A. Pemasukan
1. Lembaga STPI BIM Yogyakarta = Rp 2.746.000,-
2. Pengumpulan Koin = Rp 504.000,- +
Jumlah = Rp 3.250.000,-
B. Pengeluaran
1. Pemateri = Rp 800.000,-
2. Sekretaris = Rp 300.000,-
3. Perkap = Rp 200.000,-
4. Konsumsi = Rp 800.000,-
5. Dekdok = Rp 150.000,-
6. P3K = Rp 50.000,-
7. Korlap = Rp 200.000,-
8. Souvenir = Rp 650.000,-
9. Lain-lain = Rp 100.000,-+
Jumlah = Rp 3.250.000,-
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
A. Laporan Umum
Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK), adalah salah satu bentuk kegiatan yang ada di Kampus STPI BIM Yogyakarta, diselenggarakan saat penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ini diselenggarakan guna untuk menyambut mahasiswa baru, mengenalkan mahasiswa baru akan civitas akademik STPI BIM Yogyakarta serta menjalin silaturahmi antar mahasiswa baru dengan seluruh elemen STPI BIM Yogyakarta, kegiatan ini bersifat wajib bagi seluruh mahasiswa di STPI BIM Yogyakarta.
Sejauh ini kegiatan OPAK tahun ini berlangsung lancar, seru dengan konsep yang berbeda, sangat mengesankan, namun demikian masih banyak kekurangan yang dapat dibenahi pada tahun yang akan datang, misalnya kekompakan antar panitia lebih dipererat lagi, guna menjadikan event yang ada menjadi lebih
spektakuler, panitia hendaknya lebih tegas dalam menghadapi peserta OPAK, maupun memberikan teguran kepada panitia lain jika terbukti melanggar aturan yang telah disepakati.
Kegiatan OPAK pada tahun ini berlangsung pada tanggal 7 September 2013 dan berakhir pada tanggal 14 September 2013, dimana setiap kegiatan yang berlangsung dengan arsip terlampir.
B. Laporan Kesekretariatan
Bertanggung jawab akan keadministrasian kegiatan yang meliputi pembuatan surat- surat, buku panduan OPAK, sertifikat, pembuatan LPJ, maupun kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan dokumen, misalnya notulen saat rapat, presensi, dan sebagai MC dalam rapat. Adapun kelengkapan administrasi (arsip terlampir), terdiri dari :
1. Surat permohonan menjadi pemateri,
2. Surat ucapan terima kasih,
3. Presensi baik peserta OPAK maupun panitia OPAK,
4. Contoh sertifikat,
5. Curicculum Vitae pemateri.
Tugas yang diberikan cukup memberatkan jika diberikan pada 1 orang, meskipun saya tahu panitia hanya minim, namun diharapakan pada tahun yang akan datang meskipun sekretaris hanya 1 orang, namun tugas dapat dibagi dengan panitia lain, sehingga dead line dapat terealisasi tepat waktu. Sejauh ini meskipun cukup melelahkan, namun menyenangkan mengerjakan setiap tugas yang duberikan, semoga event yang akan datang tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan hasil yang optimal.
C. Laporan Sie Acara
Dalam setiap event peranan seksi acara sangatlah penting, yaitu mengkoordinir jalannya kegiatan agar sesuai dengan jadwal yang telah dirancang serta disepakati bersama. Sie acara juga harus bijak dalam mengambil keputusan jika swaktu-waktu terjadi hal-hal diluar jadwal yang telah disepakati, sie acara juga bertugas membuat laporan sesuai dengan tugasnya.
Sejauh ini, kegiatan yang berlangsung pada kesempatan OPAK tahun ini memang cukup berbeda, yaitu diikuti kurang lebih 42 pesera OPAK, dengan 28
orang murni mahasiswa baru, sedangkan tambahannya adalah mahasiswa semester atas yang belum mengikuti kegiatan OPAK. Kegiatan ini dimulai dengan pembekalan bagi peserta OPAK yang diselenggarakan pada tanggal 7 September 2013 bertempat di Kampus STPI BIM Yogyakarta, pada pukul 13.30 – 17.00. Dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan pada tanggal 10-9-2013 s.d. 12-9-2013 ( kegiatan dengan arsip terlampir) dengan jam yang sama yaitu 13.00-17.00, selanjutnya pada tanggal 14-9-2013 diselenggarakan kegiatan puncak dari acara OPAK ini, dengan menyelenggarakan malam inagurasi, mahasiswa baru menjadi bagian dari keluarga besar STPI BIM Yogyakarta, tak lupa juga diikuti dengan penampilan setiap kelompok peserta OPAK yang disemarakkan dengan penampilan dosen maupun undangan tamu, dan tentunya dimeriahkan dengan penyalaan api unggun. Pada kesempatan ini panitia OPAK memberikan kesempatan bagi peserta OPAK jika ingin menginap di kampus atau pun tidak.
Pada kesempatan ini, sie acara sangat senang sekali diberikan kesempatan untuk dapat mengkoordinir acara ini, sehingga menjadikan kegiatan yang ada dengan sedikit nuansa berbeda dengan konsep OPAK pada tahun-tahun yang lalu. Namun demikian semoga pada kesempatan yang akan datang konsep yang dapat disuguhkan lebih mengesankan lagi, terutama dapat menyelenggarakan event yang tetap mengusung jargon kampus kita yaitu Islami, Kreatif, Militan, Profesional. Diharapkan juga kekompakan serta kerjasama baik antar anggota panitia sie acara maupun dengan panitia lain lebih disolidkan lagi.
D. Laporan Bendahara
Sejauh ini tugas yang diberikan cukup dapat dilaksanakan dengan baik, yaitu
meminta uang dari lembaga, menghitung koin peserta OPAK serta mendistribusikan kepada setiap sie yang membutuhkan dana dan juga membuat laporan, hanya saja meskipun pada tahun ini dana yang diberikan cukup minim, namun diharapkan setiap panitia dapat mengalokasikan dana yang diberikan sesuai dengan keperluannya saja. Diharapkan juga setiap sie yang meminta ganti rugi pengeluaran dapat menunjukkan bukti fisik berupa nota, demi kelengkapan arsip serta laporan yang diberikan oleh bendahara. Berikut ini adalah laporan secara rinci baik pemasukan yang diterima maupun pengeluaran yang dikeluarkan.
1. Pemasukan
NO Jenis rincian Jumlah
1. Lembaga STPI Rp 2.715.500,-
2. Koin MABA Rp 494.500,-
3. Dana tambahan Rp 55.000,-
JUMLAH Rp 3.265.000,-
2. Pengeluaran
NO Jenis Rincian Jumlah
1. Sekretaris
a. Buku panduan OPAK (55 pcs)
b. Fc surat-surat, jadwal panitia, id panitia, dll)
c. Co card (tali, id card)
d. LPJ
e. Sertifikat (67) @ 1500
f. Fc sertifikat S
Rp 124.200,-
Rp 39.100,-
Rp 37.500,-
Rp 15.000,-
Rp 100.500,-
Rp 9.000,- +
Rp 325.300,-
2. Sewa Sound System Rp 50.000,-
3. Perkap
a. Hadiah
b. Api unggun
c. Kembang api 2 pcs @ 12.500
d. Kabel serabut
e. Minyak tanah
f. Perkap lainnya
g. Bahan bakar-bakar (kipas, arang,pemanggang, bumbu-bumbu)
Rp 45.100,-
Rp 25.800,-
Rp 25.000,-
Rp 10.000,-
Rp 30.000,-
Rp 49.000,-
Rp 47.300,- +
Rp 232.200,-
4. Konsumsi
a. 8-9-13 (sabtu+senin)
(Snack, Aqua)
b. 10-9-13
(snack, kardus, aqua)
c. 11-9-13
(snack)
d. 12-9-13
(snack)
e. 13-9-13
(aqua, nasi untuk set sound system)
f. 14-9-13
Aqua 4 box
Snack panitia
Snack dosen
Kantong kresek
Nasi 65 @ 6000
Gelas aqua 1 pack
Rp 109.500,-
Rp 73.500,-
Rp 40.000,-
Rp 53.000,-
Rp 32.000,-
Rp 66.000,-
Rp 16.500,-
Rp 42.500,-
Rp 4.000,-
Rp 390.000,-
Rp 7.000,-+
Rp 834.000,-
5. PDD
a. Baterai kamera
b. Nyetak foto, album foto
c. Banner
Rp 60.000,-
Rp 100.000,-
Rp 32.000,-
Rp 192.000,-
6. P3K
a. Minyak angin
Rp 8.900,-
7. Korlap
a. Pathok, peluit, lem diakol, isolasi, kertas lipat, hvs, bola pingpong, balon, fc penugasan setiap pos
b. Sedotan, rafia, tusuk, pipa pralon
Rp 92.100,-
Rp 48.500,-
Rp 140.600,-
8. Pemateri (6 pemateri) Rp 800.000,-
9. Souvenir untuk peserta, panitia, dosen
Pulpen @ Rp 3.500,-
Gantungan kunci @ Rp 4.500,-
Sticker @ Rp 500,-
Rp 682.000,-
JUMLAH Rp 3.265.000,-
Saldo akhir
= Total pemasukan – total pengeluaran
= Rp 3.265.000,- - Rp 3.265.000,-
= Rp 0 ,-
E. Laporan Sie Perlengkapan
Sie perlengkapan juga memegang peranan penting dalam setiap event, sie perlengkapan pengadaan barang serta kelengkapan lain yang mendukung jalannya kegiatan ini agar dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana. Adapun pengadaan barang yang disediakan pada saat event ini adalah, meja, kursi, projektor, slide, sound system, mike, tikar, perlengkapan api unggun, dan semua kebutuhan yang dibutuhkan. Selain itu sie perlengkapan juga membuat laporan sesuai dengan tugasnya.
Sejauh ini perlengkapan yang kami sediakan cukup memfasilitasi kegiatan ini, meskipun sebenarnya sarana dan prasarana yang dimiliki kampus belum cukup lengkap, kami sie perlengkapan mencoba untuk tetap menjalankan tugas kami dengan maximal, harapan kami semoga kampus memiliki fasilitas yang memadai, selain itu juga sie perlengkapan juga berharap koordinasi dari setiap peserta OPAK yang akan menampilkan penampilannya pada saat malam api unggun, untuk dapat memberikan CD lagu ataupun musik yang ingin diputar saat pementasan berlangsung, agar kegiatan serta tugas kami juga dapat terealisasikan dengan baik.
F. Sie Dekorasi dan Dokumentasi
Sie dekorasi dan Dokumentasi bertugas untuk dapat mengabadikan setiap moment yang terjadi pada kegiatan ini, selain itu juga sie dekdok juga bertugas untuk menyelaraskan antara tema, tempat berlangsungnya kegiatan agar terjadi keharmonisan sesuai dengan rencana yang ada, sie dekdok juga harus membuat laporan sesuai dengan tugasnya.
Dalam kegiatan OPAK kali ini, sie dekdok merasa sedikit kesulitan dengan pengadaaan kamera yang dimiliki lembaga yang hanya ada 1 pcs, selain itu juga kamera ini masih memakai baterai biasa, jadi mengakibatkan pengeluaran yang cukup banyak. Tetapi dengan sarana, dan prasarana yang ada, kami sie dekdok mencoba memberikan yang terbaik dan juga berusaha meminim kan pengeluaran yang ada, dengan cara mencetak foto dalam bentuk seperti poster, ini akan sedikit mengurangi pengeluaran.
G. Sie Korlap
Dalam kegiatan ini, sie korlap bertugas untuk mengkoordinir lapangan, lebih-lebih pada saat permainan out door berlangsung, yaitu tepatnya pada saat hari terakhir OPAK, tanggal 14 September 2013, permainan yang kami suguhkan disini sangat bervariasai, jenis serta teknis permainan terlampir.
Sejauh ini perencanaan yang kami rencanakan berjalan lancar, kompak, berkat kerjasama tim serta bantuan panitia lain, meskipun sebenarnya medan yang disediakan kurang memadai, tetapi dengan perencanaan yang matang, kami mencoba menggunakan medan yang tersedia dengan semaksimal mungkin. Harapannya semoga kegiatan yang akan datang lebih baik lagi, dan jika memungkinkan kegiatan out bond serta makrab bersama diluar kampus.
H. Sie Konsumsi
Sie konsumsi tentu saja bertugas dalam pengadaan makanan serta minuman untuk peserta, panitia, pemateri, maupun dosen, selain itu juga harus membuat laporan sesuai dengan tugas yang telah dikerjakan.
Sejauh ini menu yang kami tampilkan cukup bervariasi, dari hari ke hari, meskipun dengan dana yang minim, kendala yang kami hadapi adalah transport yang mengangkut konsumsi yang kami pesan, dikarenakan memakai motor dan itupun hanya beberapa saja yang ikut mengambil ataupun mengangkut konsumsi (aqua box, maupun nasi dus), sehingga mengakibatkan ketidak tepatan waktu datang konsumsi, namun demikian masih dapat diatasi oleh panitia yang lain. Harapannya semoga ditahun yang akan datang lebih baik lagi, kerjasama antar anggota sie konsumsi maupun dengan panitia lain lebih erat lagi.
I. Sie P3K
Dalam hal ini sie P3K bertugas dalam pengadaaan obat-obatan, selain itu juga membuat laporan. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini baik peserta maupun panitia dalam kondisi yang vit, meskipun ada satu peserta yang mengatakan dirinya sakit perut, dikarenakan baru datang bulan, namun itupun dapat kami atasi.
BAB IV
PENUTUP
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Demikianlah laporan ini kami buat dan kami susun berdasarkan laporan yang ada. Selanjutnya semoga laporan ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi wacana sebuah kegiatan, selain itu juga harapannya laporan ini dapat menjadi tolak ukur, evaluasi, kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan yang akan datang.
Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan ini, baik dari pihak lembaga STPI, panitia, maupun seluruh peserta OPAK, baik moriil maupun materiil sehingga kegiatan kami dapat berjalan dengan lancar, sukses dan tentu saja berjalan sesuai dengan rencana yang ada.
Kami sadari masih banyak kekurangan, kelemahan dalam kami menyelenggarakan kegiatan ini, maupun penyusunan laporan ini, untuk itu kami mohon maaf, dan kami juga berharap semoga kegiatan OPAK yang akan datang lebih baik lagi.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Yogyakarta, 30 September 2013
Penyusun
LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
KEGIATAN ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (OPAK)
SEKOLAH TINGGI PENDIDIKAN ISLAM
BINA INSAN MULIA YOGYAKARTA
10 September 2013 – 14 September 2013
“Keep Spirit and Make Your Life be Creative”
SENAT MAHASISWA
SEKOLAH TINGGI PENDIDIKAN ISLAM
BINA INSAN MULIA YOGYAKARTA
2013
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PANITIA BESAR SENAT MAHASISWA
ORIENTASI PENGENALAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN
Dengan diterima dan disyahkan laporan pertanggungjawaban ini maka
Kepanitiaan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan
“OPAK” 2013 dinyatakan selesai
Yogyakarta, 2013
Mengetahui,
Panitia OPAK
Ketua
Rudi Hartono
NIM
Menyetujui,
Ketua SENAT STPI Puket III Bidang Kemahasiswaan
Jalu Irawan Ihda A’ Yunil Khotimah, S.Ag., M.Pd.
NIM NIK : 0031200169
DAFTAR ISI
Halaman Judul..........................................................................................................
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar...........................................................................................................
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Umum
B. Tujuan
C. Dasar Penyusunan
D. Ruang Lingkup
BAB II RENCANA PELAKSANAAN
A. Latar Belakang
B. Tema Kegiatan
C. Tujuan Kegiatan
D. Dasar Kegiatan
E. Pelaksanaan Kegiatan
F. Sumber Pembiayaan Kegiatan
G. Susunan Panitia
H. Rencana Anggaran
BAB III LAPORAN KEGIATAN
A. Laporan Umum
B. Laporan Sekretaris
C. Laporan Sie Acara
D. Laporan Bendahara
E. Laporan Sie Perkap
F. Laporan Sie Dekdok
G. Laporan Sie Korlap
H. Laporan Sie Konsumsi
I. Laporan Sie P3K
BAB IV PENUTUP
LAMPIRAN
Kata Pengantar
Assalamu’alaikum wr. Wb.
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT., yang telah melimpahkan Rahmat, Hidayah serta InayahNYA yang tak terhingga kepada kami semua sehingga kami masih diberikan kesempatan untuk dapat menyelesaikan laporan ini. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, yang kita nantikan syafaatnya di hari akhir nanti.
Penyusunan laporan ini disusun sebagai kelengkapan dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan, sebagai bentuk pertanggungjawaban kami secara tertulis, dan harapannya dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk kegiatan yang akan datang.
Akhir kata, kami mohon maaf atas kekurangan serta kelemahan kami dalam penyusunan laporan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi, dukungan, serta doa sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.
Yogyakarta, 30 September 2013
Penyusun
Allahulmusta'an
0 comments:
Post a Comment